Loko Diesel Hidrolik
1. C300
Sisa loko C300-04, C300-20, dan C300-01 (tidak nampak di foto) yang tersimpan di dipo lok Tanahabang |
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 330 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 30 km/jam. Lokomotif ini bergandar C', artinya lokomotif ini memiliki tiga gandar penggerak.
Lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Tanah Abang dalam kondisi diusulkan untuk diafkir. Sementara loko C 300-11 masih digunakan sesekali untuk menarik gerbong kereta wisata di Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah.
Profil Lokomotif C300
- Panjang body : 7100 mm
- Lebar body : 2920 mm
- Berat kosong : 28 ton
- Daya mesin : 330 HP
- Jumlah motor traksi : 1 buah
- Kecepatan maksimum : 30 km/jam
2. C301
Lokomotif C301 adalah Lokomotif buatan NCM-Holland,Belanda yang berkekuatan 210 HP.Namun,C301 hanya beroperasi hingga tahun 1970. Loko
ini berdaya 210 HP. Biasanya Loko ini digunakan untuk menarik kereta barang
dan penumpang dan hanya di Aceh. yang mempunyai lebar sepur
750 mm untuk menggantikan tugas lokomotif uap. Lokomotif ini adalah
lokomotif milik PT. Kereta Api (Persero) yang ukurannya paling pendek. Tapi sayang Loko ini tidak terlalu lama beroperasi.
3. D300
Lokomotif D 300 adalah lokomotif diesel hidraulik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1968.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 50 km/jam. Lokomotif ini bergandar D', artinya lokomotif ini memiliki empat gandar penggerak.
Lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Cepu dan dipo lokomotif Cilacap.Profil Lokomotif D300
- Panjang body : 7384 mm
- Lebar body : 2700 mm
- Berat kosong : 32 ton
- Daya mesin : 340 HP
- Jumlah motor traksi : 1 buah
- Kecepatan maksimum : 50 km/jam
4. D301 (Krupp M350D)
D 301-28 melangsir KA Cirebon Ekspres di Stasiun Cirebon
|
Lokomotif D301 adalah lokomotif diesel hidraulik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1962. Lokomotif ini merupakan tipe kedua setelah D300.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP. D301 biasa digunakan untuk melangsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Bergandar D', yang artinya memiliki empat gandar penggerak, lokomotif D301 dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 50 km/jam.
5. BB300 (Kruup M700BB)
BB 30001 Melangsir Gerbong K1 (Eksekutif) di Stasiun Manggarai |
Lokomotif BB 300 adalah lokomotif diesel hidraulik pertama di Indonesia buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1958.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 680 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 75 km/jam. Lokomotif ini bergandar B' B', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie dimana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan. Lokomotif ini pernah beroperasi di sumatera utara dan sumatera barat namun hanya beroperasi sementara sebelum akhirnya dipindahkan kembali ke jawa.
Lokomotif ini terdapat di beberapa dipo lokomotif, antara lain :
- Dipo Lokomotif Bandung
- Dipo Lokomotif Tanah Abang
- Dipo Lokomotif Semarang Poncol
- Dipo Lokomotif Solo
- Dipo Lokomotif Kutoarjo
6. BB301 (Krupp M1500BB)
BB 301-31 menarik KA Brantas di pagi berkabut Stasiun Madiun |
Lokomotif BB 301 adalah lokomotif diesel hidraulik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1964 sebanyak 10 buah.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1350 HP dengan berat lokomotif sebesar 52 ton. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang atau pun kereta barang.
Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.
Lokomotif ini bergandar B'B', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie,
di mana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling
dihubungkan..
Di Indonesia, terdapat 55 buah lokomotif BB301, namun banyak di
antaranya yang sudah tidak beroperasi karena ada yang mengalami rusak
berat dan ada pula yang sudah uzur termakan usia. Lokomotif ini terdapat
di beberapa dipo lokomotif, antara lain :
- Dipo Lokomotif Tanah Abang
- Dipo Lokomotif Bandung (di antaranya BB301 17 dan BB301 24 (BB 301 17 berwarna putih sedangkan BB 301 24 sudah menggunakan logo baru dan sekaligus stripping baru))
- Dipo Lokomotif Madiun (BB301 25 (No. baru: BB301 65 07) & BB301 26)
- Dipo Lokomotif Sidotopo (BB301 08 - BB301 09, BB301 11, BB301 18, BB301 23)
- Dipo Lokomotif Medan (di antaranya BB301 39, sudah tidak beroperasi)
- Dipo Lokomotif Jember ( BB301 28, & BB301 35)
Unit yang sudah tidak beroperasi di antaranya: BB 301 01-07, BB 301
10, BB 301 12-16, BB 301 19-22, BB 301 27, BB 301 29, BB 301 30-34, BB
301 36-45, dan BB 301 51-55.
Keterangan:
- Yang dicetak tebal pada tabel di atas berarti nomor pada lokomotif tersebut telah berganti dengan nomor baru sesuai dengan amanat Peraturan Kementerian Perhubungan RI No. 45/2010.
- Lokomotif BB 301 51-55 memiliki kaca di pintu samping kabin masinis seperti lokomotif BB304
- Lokomotif BB 301 46-50 tidak dibuat dan dibuat sebagai "celah penomoran" antara kedua model lokomotif tersebut.
7. BB302
Lokomotif BB 302 adalah lokomotif diesel hidraulik buatan pabrik Henschel, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1970.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 900 HP dan setelah di repowering
memiliki daya sekitar 1000 HP. Loko ini merupakan versi beta dari BB303. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang.
Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 80 km/jam.
Lokomotif ini bergandar B' B', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie
dimana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling
dihubungkan.
Lokomotif ini hanya berjumlah 6 unit di Indonesia dan hanya dapat ditemui di dipo lokomotif Medan dengan rincian penomoran Lokomotif BB302 01 (BB302 70 01), BB302 02 (BB302 70 02), BB302 03 (BB302 70 03), BB302 04 (BB302 70 04), BB302 05 (BB302 70 05), BB302 06 (BB302 70 06)
8. BB303 (Henschel DHG 1000 BB)
BB 303 84 12 menarik gerbong tangki CPO di Stasiun Medan |
Lokomotif BB303 adalah lokomotif diesel hidraulik buatan pabrik Henschell, Jerman. Mulai berdinas sejak 1973, kebanyakan lok BB303 dialokasikan di Sumatera Utara.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1.010 HP (beberapa unitnya bertenaga hingga 1.200-1.300 HP). BB303 biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang.
Dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 90 km/jam, lokomotif ini
memiliki gandar B' B', yakni memiliki dua bogie di mana setiap bogienya
memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan.
Di Indonesia, lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Tanah Abang (di antaranya BB304 06, BB304 11 - BB304 14, BB304 16, BB304 18 - BB304 19, BB304 22 - BB304 25), dipo lokomotif Semarang Poncol (di antaranya BB304 09), dipo lokomotif Cepu, dan di dipo lokomotif Jember (di antaranya BB304 02, BB304 03, dan BB 304 23R).
Unit yang sudah tidak beroperasi di antaranya: BB304 01, BB304 05,
BB304 08, BB304 11, BB304 14, BB304 19, BB304 20, BB304 22, BB304 24,
BB304 25.
Karena keterbatasan suku cadang dan usia maka KAI melakukan kebijakan repowering
yaitu membuang mesin BB304 yang sudah lama dan mencangkokkan mesin baru
di BB304. Dengan penggantian mesin yang baru maka suku cadang lebih
mudah didapatkan. Selain itu, kekuatan BB304 yang sudah diganti mesinnya
meningkat, dari 1.550 HP menjadi 1.800 HP. Rencananya, pada tahun-tahun
selanjutnya, sejumlah lokomotif BB 304 akan direpowering, mengingat
hasil modifikasi tersebut sangat memuaskan.
9. BB304 (Krupp M1500BB)
Lokomotif BB304 23R (BB304 84 07R) menarik kereta api Probowangi
|
Lokomotif BB 304 adalah lokomotif diesel hidraulik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1976. Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif
ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 120 km/jam.
Lokomotif ini bergandar B' B', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie,
di mana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling
dihubungkan.
10. BB305
BB305 Menarik Kereta api Cantik Ekspres tujuan Jember |
Lokomotif BB 305 adalah lokomotif
diesel hidraulik yang telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1978.
Lokomotif ini dibagi menjadi tiga versi, yakni lokomotif BB305 nomor
seri 01 milik PT. Semen Nusantara; lokomotif BB 305 dengan nomor seri
01, 02, dan 03; dan lokomotif BB305 dengan nomor seri 04, 05, 06.
Profil Lokomotif BB305
- Panjang body : 11734 mm
- Lebar body : 2920 mm (nomor seri 01, 02, dan 03) dan 2870 mm (nomor seri 04 - 06)
- Berat kosong : 48 ton
- Daya mesin : 1550 HP (nomor seri 01 - 03, dan 04 - 06), 335 HP (BB 305 01 Semen Nusantara)
- Jumlah motor traksi : 1 buah
- Kecepatan maksimum : 120 km/jam (nomor seri 01 - 03, dan 04 - 06), 55 km/jam (BB 305 01 Semen Nusantara)
Lokomotif BB 305 01 (milik PT. Semen Nusantara)
Lokomotif BB 305 01 lokomotif diesel hidraulik buatan pabrik Nippon Sharyo, Jepang. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1976.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 335 HP. Lokomotif ini biasa
digunakan untuk oprasional langsir di emplasemen pabrik Semen Nusantara
(sekarang bernama Holcim). Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan
maksimum yaitu 55 km/jam.
Lokomotif ini sekarang teronggok di salah satu sudut area pabrik Semen Nusantara Lokomotif BB 305 (nomor seri 01, 02, dan 03)
Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidraulik buatan pabrik Jenbacher, Austria. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1978.
Lokomotif ini hanya memiliki satu kabin masinis.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta barang.
Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 120
km/jam. Lokomotif ini bergandar B' B', artinya lokomotif ini memiliki
dua bogie dimana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang
saling dihubungkan. Lokomotif ini bentuk bodinya mirip dengan bodi
lokomotif BB302, BB303, dan BB306.
Lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif
Jember. Sayangnya, karena usia yang sudah renta dan sulitnya suku
cadang, maka lokomotif ini kini sudah tidak bisa beroperasi lagi.
Lokomotif BB 305 (nomor seri 04 - 06)
Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidraulik generasi keenam yang dimiliki oleh PT. Leces bukan PT Kereta Api, PT. Kereta Api hanya bertindak sebagai operator lokomotif ini. Lokomotif ini diproduksi di pabriknya CFD, Perancis. Lokomotif ini juga mulai dinas sejak 1978 seperti seri yang sebelumnya.
Lokomotif ini memiliki dua kabin masinis, sehingga berbeda dengan lokomotif BB305 01, 02, dan 03.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta barang.
Namun, karena lokomotif ini dimiliki oleh PT Kertas Leces, maka
lokomotif ini hanya diperkenankan menarik KA pengangkut pulp bila
diperlukan, selain itu bisa dipakai PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk dinasan KA Penumpang. Lokomotif ini memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan.
Lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Jember,
namun sayangnya, seperti seri yang sebelumnya, pengabdian BB 305
sekarang sudah tidak bisa kita nikmati lagi, karena keterbatasannya suku
cadang dan usia yang sudah renta.
Kondisi saat ini (2011) PT. Leces akan men-scrapp dua lokomotif BB305
Jenbacher menjadi potongan besi tua yang dijual Kiloan. Entah bagaimana
tindakan kedepan, tapi yang pasti, dua lokomotif Jenbacher dan mungkin
lokomotif CFD akan di scrap mula jika tidak ada pihak2 yang mau
mengusahakan untuk preservasi kedua lokomotif yang paling sedikit
jumlahnya ini.
11. BB306 (Henschel DHG 800 BB)
BB 306-10 dalam dinas langsir di Stasiun Jakarta Kota |
Lokomotif BB306 adalah lokomotif diesel hidraulik yang dipunyai oleh Dipo Kereta-kereta Besar di Jakarta Kota. Loko ini kerap digunakan untuk melangsir kereta penumpang
yang akan diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Kota (JAKK). Lokomotif
ini sering digunakan pada tahun 80-an hingga 90-an, sejak datangnya era KRL,
loko ini mulai terlupakan dan kebanyakan rusak termakan usia dan kurang
suku cadang (salah satunya BB306 16 (Tragedi Bintaro)). Lokomotif ini
hanya terdapat di Stasiun Jakarta Kota (dipo lokomotif Tanah Abang) (di
antaranya BB306 08, BB306 10 - BB306 11, BB306 17 - BB306 19), dipo
lokomotif Medan (di antaranya BB306 01, BB306 03, BB306 05 BB306 06,
BB306 21, BB 306 22), dan dipo lokomotif Padang (di antaranya BB306 12 -
BB306 14).
keterangan: lokomotif BB 306 01,BB306 06,BB302 12,BB306 19 sudah menggunakan penomoran logo dan stripping baru.
12. CC300 (PT INKA CC 300)
Lokomotif CC30001 saat sedang test run.
|
Lokomotif CC300 merupakan salah satu seri lokomotif yang berada di Indonesia. Lokomotif ini dibuat oleh PT INKA desain dan integrasi sistemnya murni hasil pemikiran engineer Indonesia.
Lokomotif ini mempunyai panjang 19 m, lebar 2,642 m dan berat sekitar
90 ton. Kecepatan maksimalnya adalah 120 km/jam, power outputnya adalah
2500 HP dan memiliki traction effort sebesar 270 kN untuk starting.
Mesinnya memakai mesin diesel Caterpillar dengan transmisi hidrolik
Voith Turbo Transmission L620reU2. Sistem pengereman memakai produk
Wabtec, master controller memakai produk Woojin dari Korea Selatan, juga
dilengkapi dengan genset CAT C18 dari Caterpilar sehingga tidak
memerlukan kereta pembangkit jika menarik rangkaian kereta penumpang.
Saat ini sudah ada 7 lokomotif CC300 (CC300 12 01, CC300 12 02, CC300
12 03, CC300 13 01, CC300 13 02, CC300 14 01, CC300 14 02) yang dibuat
oleh PT INKA dan sedang menjalani test run di pabrik INKA. Direncanakan lokomotif ini akan ditempatkan di beberapa dipo lokomotif yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Source : wikipedia
Lokomotif BB301-08 itu mangkrak di sidotopo (SDT) sekalian ditumpuk sama lokomotif disel hidrolik lainnya antara lain:D301,BB304,dan temannya BB301-08(BB301 laen maksud y)Yg pensiun
BalasHapus